Selasa, 29 Mei 2012

pantai-pantai yang ada di pulau sumbawa NTB

Siapa yang gak suka ke pantai hayoo..???
udara yang segar dengan debur ombak, sambil menikmati ikan bakar yang baru saja di pancimg.. makan kelapa muda,, waaaaahhh seruu kan..!!!
Berikut beberapa objek wisata bahari yang dapat di kunjungi di kabupaten Sumbawa yang bersumber dari situs resmi pemerintah setempat diantaranya :
Pantai Ai Manis
Terletak di daratan pulau Moyo yang berpasir putih dan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang dan tropikal fish-nya yang menawan serta hutan tropis yang ada disekitarnya menjadikan. Ai Manis sangat cocok bagi kegiatan camping, Snorkling, dan sebagainya. Dari Ai manis dapat disaksikan tenggelamnya matahari (Sunset). Jalan-jalan di hutan tropis sekitar Ai Manis akan tersaji secara alami flora dan fauna seperti rusa, sapi liar, Babi hutan, burung koakkao, kakatua dan burung gosong yang dilindung. Tidak jauh dari Ai Manis terdapat gua kelelawar. Ai Manis dapat ditempuh lebih kurang 30 menit dengan speed boat dari Ai Bari kecamatan Moyo Hilir.
Gambar : Pantai Ai Manis, Sumbawa
Pantai Seliper Ate
Saliper berarti pelipur/penenang/penyejuk. Ate berarti hati. Sesuai dengan namanya pantai Saliper Ate berarti pantai yang dapat menenangkan/ menyejukan hati pengunjungnya. Terletak sekitar 5 Km kearah barat kota Sumbawa Besar, lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi darat ( bemo kota). Sebelum pariwisata berkembang pantai Saliper Ate merupakan satu-satunya tempat rekreasi masyarakat Sumbawa.

Gambar : Pantai Seliper Ate

Pantai Kencana

 Gambar : Pantai Kencana
 
Pantai Kencana yang jaraknya sekitar 11 Km dari Kota Sumbawa Besar merupakan pantai yang cukup menawan. Dengan bentuk pantai yang melengkung dan dikedua ujung lengkungannya masing-masing mempunyai rona tersendiri. Terutama dilengkungan bagian kanannya berdiri batu karang berbentuk alami dengan bolongannya yang setiap saat dicium ombak.
Disekitar pantai juga tersedia fasilitas-fasilitas wisata berupa cottage dengan bentuk bangunan khas daerah Sumbawa.
 Gambar : Pantai Kencana
Pulau Bedil dan Keramat

Kawasan ini, hampir setiap minggu didatangi turis dari berbagai belahan dunia, seperti Jerman, Polandia, Jepang, Belanda juga turis dari daerah luar negeri lainnya.

 Gambar : Terumbu karang di sektiar Pulau Bedil dan Pulau Keramat.
Teluk Saleh (Saleh Bay)

Merupakan gugusan berpasir putih dengan koralnya yang indah dan beranekan ragam ikan hias dengan airnya yang tenang, sangat cocok sebagai tempat berenang, dan menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut. Teluk Saleh merupakan perairan yang kaya dengan aneka ikan laut seperti ikan kerapu yang hasilnya telah diekspor ke berbagai negara antara lain Jepang, Hongkong dan Singapura. Dari Teluk Saleh ini tampak jelas Gunung Tambora yang mempunyai kawah (Caldera) terluas di dunia.
 Gambar : Teluk Saleh

Pulau Bungin
Pulau ini merupakan pulau terpadat di dunia, karena kepadatan penduduknya mencapai +14.000 jiwa/km. Dikenal juga sangat aman karena sejauh ini kehidupan masyarakatnya selalu aman dan damai. Di pulau ini tidak akan ditemui lahan pertanian, perkebunan maupun peternakan. Lahan-lahan yang ada dimanfaatkan untuk membangun rumah tinggal. Untuk membangun rumah baru, mereka harus bergotong royong dengan cara menyusun batu karang yang telah dikumpulkan sebelumya. Ketiadaan lahan di atas membawa keunikan tersendiri, karena ternak (kambing) penduduk pulau ini tidak hanya memakan dedaunan, tetapi juga kertas, ikan laut, dan kain-kain baju yang telah robek. Keunikan lain dari pulau ini adalah bahwasanya yang mendiami Pulau ini adalah suku bugis dan mandar (sulawesi) yang merupakan suku pendatang dan sudah puluhan atau bahkan ratusan tahun di sini. Penduduk di pulau ini sebagian besar bahkan mungkin sepenuhnya berprofesi sebagi nelayan. Bungin masih berada dalam wilayah kecamatan Alas atau + 70 km dari kota Sumbawa besar. Untuk mencapai pulau ini tersedia perahu motor yang hilir mudik antara pulau Bungin dan Dermaga Alas atau melalui darat dengan kendaraan bermotor.
 Gambar : Pulau Bungin Dilihat Dari Satelit

Pulau Kaung (Kaung Island)
Sebuah pulau yang merupakan perkampungan nelayan letaknya tidak terlal jauh dari pulau Bungin. Untuk mencapai pulau ini tidak lagi menyebrangi laut, namun dapat dilalui lewat darat dengan mempergunakan kendaraan bermotor dan naik dokar. Kerajinan rakyat yang terbuat dari kerang-kerangan dapat ditemui di pulau ini
masih banyak loh pantai yang belum q kenalin,, so jangan lupa datang ke sumbawa yeaaaahhh..

sumber:
 http://lombok-sumbawa-ntb.blogspot.com/2011/08/objek-wisata-pantai-di-sumbawa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar