Rabu, 30 Mei 2012

Akibat terlalu lama di depan komputer


Gangguan saraf pada jari
Apakah Anda pernah merasa kesulitan menggerakkan jari-jemari Anda setelah Anda mengetik beberapa naskah? Kalau ya, tahukah Anda apa penyebabnya? Hal ini karena benjolan di sendi jari Anda. Fleksibiltas tendon jari melonggar, akibatnya ada kecenderungan bahwa jari-jari Anda seperti “terkunci” dan terbuka kembali dengan bunyi suara “krek”.
Bahu nyeri
Ini merupakan gangguan gaya hidup pada profesi apapun yang berhubungan dengan komputerisasi. Sebelumnya orang membawa tas kerja atau folder ke kantor, sekarang tas berisikan laptop yang beratnya melampaui titik ketegangan otot bahu. Hasilnya adalah rasa sakit yang parah pada bahu sehingga terasa nyeri dan berbekas warna merah.
Postur tubuh membungkuk
Dapatkah Anda duduk lurus selama delapan jam dalam sehari? Hal ini sangat sulit. Kecenderungan tubuh akan membungkuk atau menetapkan ke posisi yang lebih nyaman. Hasilnya adalah gangguan pada postur tubuh yang memburuk.
Mata kering
Tidak masalah jika Anda mengenakan kacamata anti-silau, pandangan mata yang buruk adalah dampak dari pekerjaan yang mengharuskan menatap layar menyala terus-menerus. Ketika menatap layar, kita cenderung berkedip lebih sedikit daripada waktu yang normal atau dari yang seharusnya. Jika mata kering dan Anda secara tak sadar sering kali menggosoknya, dapat menyebabkan masalah serius di kemudian hari.
Impotensi
Jangan terkejut! Impotensi adalah bahaya pekerjaan yang umum pada dewasa ini. Jika Anda menjaga laptop secara langsung di pangkuan, maka Anda telah membunuh cukup sperma. Maka dari itu, selalu gunakan papan atau baki untuk melindungi organ reproduksi Anda dari kerusakan atau ini bisa menjadi penyebab impotensi setelah digunakan berkelanjutan.

Tips Sehat Didepan Komputer

Akhir akhir ini pengunaan komputer sepertinya sudah menjadi hal yang umum, hampir semua sektor mengunakan komputer untuk operasionalnya. Pengunaan komputer ini tentu memberikan keuntungan bagi pengunanya. Dari segi hasil, pekerjaan dengan komputer biasanya akan lebih baik daripada pekerjaan manual, keluaran komputer akan lebih teliti, lebih banyak, lebih cepat, dan lebih tertata. Kegunaan komputer juga bukan hanya terbatas untuk bekerja dalam perkembangannya komputer juga menjadi sarana hiburan bagi banyak orang, mulai untuk pemainan, menonton film, mencari informasi, bahkan media berkomunikasi dengan orang lain. Dari sekian banyak keuntungan dari pengunaan komputer ini juga tentu memiliki dampak negatif mulai dari boros sumber daya, limbah elektronik sampai pengaruh buruknya pada manusia. Khusus untuk pengaruh buruknya pada manusia akan kita gali lebih dalam. Ternyata pengaruh buruknya ada dari berbagai sisi mulai dari kesehatan, perilaku, sampai kualitas hidup. Orang yang terlalu sering mengunakan komputer cenderung akan kurang bersosialiasi mereka lebih aktif di komputer apalagi bila sudah terhubung ke internet. Disamping itu dari sisi kesehatan, pengunaan terlalu lama juga tidak baik bagi tubuh, sirkulasi dalam tubuh akan kaku karena jarang bergerak, disamping merusak mata akibat terlalu lama menatap layar komputer, ditambah efek jangka panjang akibat radiasi aliran listrik dari perangkat komputer. Untuk itu lah kami akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu anda bisa tetap sehat walaupun harus berlama lama didepan komputer.
1. Posisikan komputer secara proporsional
Apaan sih proporsional, artinya adalah sesuai dengan porsinya maksudnya sesuai dengan postur badan kita, contohnya letakan monitor cukup tinggi sehingga nyaman untuk pengelihatan anda usahakan minimal 40 cm agar tidak merusak mata, posisikan keyboard dan mouse dekat dengan tangan anda untuk anda yang yang bertangan kidal letakan mouse dikiki atau sebaliknya bila anda anda mengunakan tangan kanan. Selain komputer posisikan juga tubuh anda jangan terlalu bersandar/membungkuk karena ini akan membuat anda cepat lelah. Ada baiknya juga meletakan barang barang yang biasa anda butuhkan (misalnya dokumen, alat tulis, atau gelas minum) didekat anda sehingga tidak akan mencari cari saat dibutuhkan yang penting senyaman mungkin untuk anda.

2. Usahakan adanya penerangan yang cukup.
Ini juga adalah hal yang penting tetapi sering diabaikan, cahata yang cukup dapat membantu anda mengurangi kelelahan mata dari cahaya monitor yang merusak.
Bila memungkinkan buka jendela selain untuk sirkulasi udara, jendela ini dapat menjadi sumber cahaya matahari masuk kerumah, (tentunya disiang hari), bahkan bila dirasa kurang dapat mengunakan lampu tambahan untuk ruangan tersebut.
3. Jangan lupa beristirahat.
Istitahat ini juga termasuk tips agar tetap sehat lho, mungkin ada yang bertanya tanya kenapa toh saat mengunakan komputer hampir semua orang sudah duduk dengan nyaman kan udah istirahat, tetapi kadang kita sering terlalu fokus sehingga lupa waktu, kita dapat duduk berjam-jam tanpa bergerak nah ini lah yang harus dihindari. Tips dari kami usahakan anda memiliki self-alarm kira kira seriap 1 jam untuk sekedar mengambil minum atau pergi kekamar kecil pokoknya jalan jalan, karena secara tidak sadar gerakan itu akan membantu memperlancar aliran darah kita yang sempat tersendat akibat duduk berlebih itu. Selain itu janganlah anda memaksakan diri bila sudah lelah istirahatlah regangkan tubuh atau jalan jalan, karena dengan ada memaksakan diri anda kemungkinan hasil pekerjaan anda juga tidak akan maksimal. Hargai tubuh anda, anda sendiri yang tau batasan tubuh anda, kadang ada perlunya juga refreshing sehingga setelahnya anda akan fit dan dapat kembali berkerja dengan maksimal.
Sekian tips dari kami, semoga tetap sehat walau terus didepan komputer, salam sehat.

Incoming search terms:

  • terlalu sering didepan laptop
  • refreshing mata untuk layar laptop
  • proporsional artinya
  • pakah monitor laptop merusak mata
  • maksimal berada di depan komputer
  • layar laptop sehat
  • laptop dengan layar proporsional
  • laptop dapat merusak mata karena
  • dampak dari menatap layar laptop terlalu lama
  • cara membuat pc menjadi sehat

sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar